PKM jilid 2

Program Pemberdayaan Keluarga miskin Mandiri (jilid 1)

Berdinding rajutan bambu (gedeg:bhs jawa), rumah berukuran kurang lebih 6×5 meter, cukup sebagai tempat berteduh keluarga kecil, Bp Suparyo, dengan seorang istri ibu Dartini, dan 2 orang anak, yanuar dan salwa. Keluarga kecil itu telah menempati rumah kecil, di daerah Rejasari itu semenjak kehamilan putra pertama, Yanuar, 10 th yang silam. Sang bapak,yang hanya bakerja sebagai buruh serabutan yang penghasilannya tidak tentu, kadang dapat kadang tidak, dg dibantu si istri yg terkadang menjadi buruh cuci, gosok (setrika) tetangga sekitar, dg  rumah kecil yang lebih pantes disebut kandang ayam, telah lama menghiasi kehidupan di perkampungan desa rejasari

This slideshow requires JavaScript.


Saat ini Kita Berbagi telah hadir dikeluarga Bp.Suparyo dengan menjadikan keluarga tsb sbg target pemberian donasi zakat. Seiring berjalannya waktu, KitaBerbagi sebagai Lembaga Pemberdayaan Zakat Infaq dan Shodaqoh akhirnya berkembang dan merintis sebuah program pemberdayaan zakat untuk umat dalam bentuk pemberdayaan Usaha Kecil pada masyarakat miskin dalam bentuk Program Pemberdayaan Keluarga miskin Mandiri (PKM). Dan setelah melalui survey terhadap keluarga-keluarga miskin, akhirnya keluarga Bp.Suparyo menjadi salah satu keluarga miskin yg terpilih utk pelaksanaan Program PKM ini. Jualan gorengan dan minuman anak-anak ternyata menjadi keinginan keluarga tsb. Tak butuh waktu lama, akhirnya di akhir bulan september lalu, donasi PKM Kita Berbagi terealisasikan, impian keluarga bp.Suparyo pun mulai terwujud. Tepat dihalaman rumah sederhanaan, seketika berubah menjadi warung kecil yg banyak dikerumuni anak-anak, utk membeli jajan snack dan minuman dll. Subhanallah, kebahagiaan tampak diwajah si ibu yg notebene sdh sekian lama merindukan kebahagiaan ini. Hari demi hari, kesibukan itu semakin  menampakkan kebahagiaan, dari kesibukan melayani pembeli (buka dari siang sampai malam), membeli bahan / kulakan snack yg sudah habis, sampai pada niatan si ibu 2 orang anak ini utk mengemas aneka snack, gorengan dan minuman untuk dijual di areal Alun-alun pada setiap minggu pagi.

Itulah sekelumit kisah, sebuah keluarga miskin, yg masih banyak ditemukan di sekitar kita, dengan beraneka ragam kondisi atau status ekonomi dan sosial, kelayakan rumah tinggal dll. Besar harapan,  Program PKM ini mampu mengakomodir sebagian masyarakat miskin di Lingkungan kita, yang akhirnya lambat laun buah kebahagiaan yang tak ternilai harganya itu dapat dirasakan oleh sebagian besar keluarga keluarga miskin yang ada.

Dan jika kita kutip realisasi Program PKM bulan lalu, yang mana keluarga yg terpilih adalah keluarga Bp. Sutardi (ds Karang Dadap).  Keluarga dengan seorang putri ini tinggal di rumah sederhana di desa Karang Dadap, Banyumas. Dengan bekerja sebagai pengayuh becak, Bp Sutardi berjuang utk memenuhi  kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Sang anak, 15th, yg karena keterbatasan ekonomi, harus rela melepaskan baju seragam sekolahnya sejak SMP, kenyataan inilah yang membuat keluarga kecil ini harus berjuang lebih keras, jikalau hanya mengandalkan penghasilan sang bapak sebagai penarik becak.

Berangkat dari kenyataan tsb, Kita Berbagi akhirnya memilih keluarga ini utk di jadikan percontohan Program PKM, dibulan agustus lalu. Jualan Gorengan dan Es Campur menjadi pilihan keluarga tsb utk mencoba merintis usaha kecilnya. Waktu berjalan, hari, minggu dan sekarang sudah beranjak 2 bulan ibu Sutardi menjajakan gorengannya didepan rumahnya. Semoga aktifitas harian keluarga kecil ini mampu memberi angin segar dan semangat dalam menjalani kehidupan mereka dihari hari yg akan datang, amin

Tak henti dan tak bosan-bosannya puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, atas segala nikmat yang telah Allah curahkan kepada kita semua, sehingga kebahagian hati yang lama kita idam-idamkan telah dapat dirasakan di sanubari kita, amin ya robbal ‘alamin. (red-KiBer)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s